Amankah Ibu Hamil 9 bulan Berpuasa

 ibu hamil 9 bulan berpuasa?

Saat bulan ramadhan tiba semua orang menyambut gembira bulan yang suci dan penuh berkah ini. Tak terkecuali para ibu-ibu yang sedang hamil tua. Meski mungkin hari-hari mereka akan terasa sedikit berat saat menjalani puasa, tetapi pasti tidak akan mengurangi antusias mencari pahala di bulan ramadhan.

Terlebih dengan kondisi yang sedang hamil 9 bulanan yang mana membawa tubuh mereka untuk bergerak saja sudah berat dan agak susah. Lantas sebenarnya amankah ibu hamil 9 bulan berpuasa? Hal ini bisa dilihat dari dua sisi, yakni sisi agama dan juga sisi kesehatan.

Apabila dilihat dari sisi keagamaan, puasa adalah sebuah amalan baik yang mendatangkan kebaikan pula. Baik puasa sunah maupun ramadhan. Terlebih puasa ramadhan yang notabennya ibadah wajib bagi kaum muslim. Meski begitu, sebenarnya ada keringanan bagi ibu hamil yang hendak berpuasa atau tidak karena memang kondisi yang tidak memungkinkan.

Sementara jika dilihat dari sisi kesehatan, sebuah penelitian Frizar Irmansyah seorang dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Pusat Pertamina, mengungkapkan bayi yang dilahirkan dari ibu muslim yang juga menjalankan ibadah puasa tidak ada dampak berupa penurunan berat badan.

Baca juga: amankah ibu hamil makan cumi

Namun, meski hasil penelitian menunjukkan hal semacam itu tentu saja semuanya juga dilihat berdasarkan kondisi masing-masing. Sebab ada ibu hamil yang memang kondisinya lemah dan apabila berpuasa justru memunculkan banyak resiko yang bisa membahayakan janin. Ada pula ibu hamil yang memiliki ketahanan tubuh kuat, sehingga mampu menjalankan puasa dengan baik.

Untuk itu, apabila Anda sedang dalam kondisi hamil besar atau 9 bulan dan ingin berpuasa ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apabila setelah di periksa dan dokter memperbolehkan maka Anda tetap bisa melakukan puasa. Tetapi, jika di tengah puasa ibu hamil mengalami mual-mual berlebih maka sebaiknya Anda harus langsung berbuka puasa.

Mual dan muntah berlebih ini atau yang kerap disebut dengan hiperemesis gravidarum adalah kondisi terparah dari morning sickness. Kondisi ini akan mengganggu dalam beraktivitas sehari-hari bahkan bisa sampai membahayakan hidup. Apabila Anda mengalami kondisi ini tetapi tidak langsung berbuka maka kemungkinan besar Anda akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Jangan anggap remeh dehidrasi ini ya bun, karena menurut studi American Pregnancy.org dalam kondisi dehidrasi pada ibu hamil bisa menjadi penyebab kurangnya cairan ketuban. Jika sudah begitu, bisa berakibat kepada meningkatnya resiko keguguran, janin tidak tumbuh dengan baik dan bahkan mengalami persalinan dini.

Jadi, amankah ibu hamil 9 bulan berpuasa? Jawabannya relatif karena tergantung dengan kondisi masing-masing ibu hamil. Jika memang kondisi baik dan memungkinkan maka akan aman-aman saja. Sedangkan jika kondisi lemah dan tidak yakin dapat menjalani puasa atau tidak maka sebaiknya untuk tidak berpuasa dulu.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil 9 bulan Berpuasa"