Amankah Ibu Hamil Berpuasa pada Trimester Pertama

Amankah Ibu Hamil Berpuasa Pada Trimester Pertama?

Memasuki bulan suci Ramadhan, setiap umat muslim yang sudah baligh diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Hanya saja bagi beberapa orang yang memiliki udzur atau halangan, diperbolehkan tidak melaksanakan puasa dan menggantinya pada hari lain atau dengan membayar vidyah.

Salah satu golongan yang kerap kali terpaksa tidak bisa menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan adalah ibu hamil. Khawatir dengan kesehatan diri dan janin, membayar fidyah menjadi pilihan yang dianggap lebih tepat untuk ibu hamil.

Namun secara media, amankah ibu hamil berpuasa dan apa risiko terbesarnya?

Risiko Berpuasa Saat Trimester Pertama

Sebuah penelitian yang dilakukan di salah satu rumah sakit di Tehran, Iran pada 2004 menyatakan jika ibu hamil pada usia trimester pertama dan menjalankan puasa memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi nantinya untuk melahirkan bayi dengan berat badan kurang dari 2,5 kg.

Baca juga: amankah ibu hamil makan rambutan?

Hal ini bisa terjadi lantaran kurangnya asupan gizi ke janin. Sementara pada trimester pertama, ibu hamil membutuhkan tambahan asupan kalori kurang lebih 180 kKal per hari.

Kapan Ibu Hamil Boleh Berpuasa?

Masa yang sangat rentan dan tidak disarankan bagi ibu hamil berpuasa ialah pada trimester pertama dan trimester ketiga. Pada trimester pertama ibu hamil masih beradaptasi dengan janin, perubahan hormone, hingga berbagai gangguan kesehatan seperti mual, pusing dan lainya.

Sementara untuk trimester terakhir, janin membutuhkan asupan gizi yang lebih tinggi untuk menyempurnakan perkembangan organ-organ pentingnya. Selain itu, saat sudah mendekati masa kelahiran, ibu harus bersiap dengan tenaga yang cukup untuk menghadapi persalinan yang bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak dianjurkan berpuasa pada trimester ketiga.

Kemudian bagaimana dengan trimester kedua, amankah ibu hamil berpuasa pada usia kandungan memasuki trimester kedua? Ketika morning sickness sudah berkurang dan kondisi kesehatan sudah stabil, ibu hamil diperbolehkan berpuasa. Hanya saja harus tetap memperhatikan asupan gizinya. Seperti cukup makan ketika berbuka dan sahur dengan makanan tinggi gizi.
Untuk lebih tenangnya, Anda bisa terlebih dahulu konsultasi dengan dokter, apakah sebaiknya berpuasa atau tidak.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Berpuasa pada Trimester Pertama"